8 Pengalaman Unik yang Hanya Dilakukan Para Santri

8 Pengalaman Unik yang Hanya Dilakukan Para Santri

Santri ialah sebutan untuk seseorang yang mengekor pendidikan Ilmu Agama Islam di sebuah tempat yang disebut Pesantren, Dalam menjalani kehidupan di Pondok Pesantren seseorang akan diluncurkan dengan kegiatan yang menyerahkan kesan tersendiri untuk mereka. Menurut Poker Untuk mereka yang nyantri, terdapat segudang empiris unik yang mereka rasakan ketika menjadi santri. Berikut 8 empiris unik yang dialami santri.

8 Pengalaman Unik yang Hanya Dilakukan Para Santri
8 Pengalaman Unik yang Hanya Dilakukan Para Santri

1. Santri menjadi canggih dengan style mereka

“Santri menjadi canggih dan elegan dengan style mereka sendiri”. Pernah nggak sih lagi jalan ditengah-tengah keramaian terus lihat cowok pake kemeja, sarung dan pecinya. Dan justru urusan itu memberikan kesan positif tersendiri untuk kita. Nampak begitu keren, gagah dan religius. Rasanya adem banget liat cowok dandan kayak gitu. Begitu pula dengan perempuan, mereka bakal terkesan elegan ketika memakai kerudung panjang dibawah dada dengan balutan baju gamis yang menyelimuti tubuhnya.

2. Mecari celah guna berkenalan dengan lawan jenis

Hal umum yang telah diketahui mayoritas orang, bahwa tidak jarang kali ada jarak yang mengasingkan antara santri putri dan santri putra. Bahkan terkadang mereka tidak pernah dipertemukan dalam suatu pekerjaan meskipun satu angkatan. Namun, meskipun begitu bukan halangan mereka guna saling mengenal. Selalu mencari-cari celah guna mereka berkenalan, dan urusan itu menjadi kendala tersendiri untuk para santri.

3. Makan bareng-bareng

Kehidupan santri dilaksanakan secara bersama-sama, demikian pula dengan makan. Masih ada sejumlah pondok pesantren yang menerapkan kelaziman makan bersama seperti ini untuk semua santrinya, santap dengan memakai baki untuk sejumlah orang. Bahkan, disusun pula “piket baki” untuk membasuh peralatan santap yang digunakan. Dengan kelaziman makan laksana ini menciptakan santri kian akrab satu sama lain.

4. Nyender dikit, tidur

Kegiatan semua santri yang lumayan padat, menciptakan santri gampang lelah dan mengantuk. Tak jarang pula yang merealisasikan sistem “sekali nyender, tidur”. Nah, itulah hebatnya pondok pesantren. Menganjarkan kesederhanaan pada semua santrinya. Bukan melulu di ranjang dengan kasur yang lunak saja, di lantai dengan alas karpet pun mereka bisa tidur pulas.

5. Hafalan telah menjadi makanan pokok

Membaca Al Qur’an dan menghafal adalahsalah satu rutinitas mesti yang mesti dilaksanakan oleh semua santri masing-masing harinya. Biasanya terdapat target hafalan yang mesti mereka setorkan, bila masih belum hafal akan kena hukuman. Dari sisi hafalan mereka nomor satu. Kalau menghafal ayat Al Qur’an telah terbiasa, pelajaran umum lainnya pasti gampang diingat.

6. Budayakan hidup antre

Di samping kesederhanaan, pondok pesantren pun mengajarkan kedisiplinan dan kesabaran pada semua santrinya. Salah satunya dengan kelaziman antre mandi ini. Harus bangun pagi untuk dapat mandi kesatu kali, bila tidak ya mandi di siang hari ketika sudah sepi.

7. Berbagi barang pribadi

Hidup di lingkungan yang tidak sedikit orang tersebut asik, saling berbagi dan menyantap barang-barang individu milik teman-teman adalahhal yang lumrah dilakukanan. Pinjam tas, sepatu, kaos kaki, baju, ataupun dagangan lainnya telah menjadi urusan yang lumrah. Tapi ingat, yang namanya pinjam tersebut harus dikembalikan, lain lagi bila bilangnya mohon (bukan pinjam).

8. Kesetiakawanan yang tinggi

Hidup di lingkungan tidak sedikit orang dan dihadapkan dengan kegiatan-kegiatan yang positif dan mengakrabkan. Dari yang tadinya tidak kenal menjadi kawan, terbiasa hidup bareng dan saling menolong satu sama lain menciptakan hubungan santri satu dengan yang lainnya kian akrab dan tidak bercelah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *